Musim Hujan, Warga Humbahas & Samosir Diminta Waspada Banjir

MEDAN, bumantaranews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat disertai angin kencang melanda sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut) untuk hari ini, Kamis (25/11). Warga diminta waspada.

Dilansir Rabu (24/11/2021), prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Nora Sinaga mengatakan hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di wilayah Lereng Timur, Pantai Timur, dan Pegunungan Sumatera Utara.

“Hujan dengan intensitas lebat tersebut dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir,” katanya.

Dia memprediksi hujan deras bakal mengguyur wilayah Sumut pada siang hari di Langkat, Deli Serdang, Binjai, Medan, Kepulauan Nias, Karo, Serdang Bedagai, Batubara, Simalungun, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, dan Labuhanbatu Selatan.

Hujan deras disertai angin kencang juga diprediksi terjadi di Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, Medan, Deli Serdang, Simalungun, Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Utara, dan sekitarnya pada sore hingga malam hari.

Hujan deras diprediksi berlanjut hingga dini hari di Langkat, Binjai, Karo, Simalungun, Deli Serdang, Tebing Tinggi, dan sekitarnya.

Suhu udara diperkirakan 18-31 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-98 persen. Kecepatan angin diprediksi berada pada angka 10-30 km per jam dari arah barat daya ke timur laut. (dtc)