HNSI Kota Sibolga Gelar Muscab

SIBOLGA, bumantaranews.com – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Sibolga menggelar musyawarah cabang (Muscab), di Restoran Hotel Wisata Indah, Kota Sibolga, Kamis (25/11).

Hadir di acara itu, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Walikota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing, Ketua DPRD Kota Sibolga Akhmad Syukri Nazry Penarik, mewakili Forkopimda, mewakili KPPN Sibolga, Ketua DPD HNSI Sumut Zulfahri Siagian dan jajarannya, Ketua DPC HNSI Kota Sibolga Azlinda Nailufari Hutagalung, Ketua DPC HNSI Tapteng Abdul Basyir, pengurus kelompok nelayan dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Nasran Efendy dalam laporannya menyampaikan, muscab HNSI merupakan agenda penting dan rutin yang digelar setiap 5 tahun. “Dimana hasil musyawarah ini merupakan keputusan tertinggi di HNSI dalam rangka merumuskan program kerja untuk 5 tahun kedepannya,” katanya seraya berharap muscab HNSI Kota Sibolga dapat menghasilkan keputusan terbaiknya.

Ketua HNSI Sibolga Azlinda Nailufari Hutagalung dalam sambutannya menyampaikan, dia menjabat sebagai caretaker dalam 6 bulan belakangan ini ditugaskan untuk melaksanakan musyawarah cabang HNSI Sibolga.”Mohon maaf jika dalam 6 bulan belakangan ini program kerja kami belum maksimal. Untuk itu, hari ini kita melaksanakan Muscab guna memilih pengurus yang baru,” katanya.

Wakil Walikota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing disela kegiatan menyampaikan, HNSI merupakan organisasi masyarakat berbasis nelayan yang telah diformalkan pemerintah sejak didirikan pada tahun 1973. “HNSI adalah organisasi yang lebih difokuskan pada pembinaan dan pemberdayaan serta menyuarakan nasib nelayan, misalnya dengan memberikan bantuan dan subsidi alat tangkap, subsidi BBM, pemberian kredit pemerintah, bantuan dana bergulir dan lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, HNSI sebagai organisasi nelayan yang diakui Kementerian Perikanan harus mampu mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. “HNSI juga harus bisa menjadi rumah nelayan dalam merumuskan program yang bersentuhan dengan kepentingan nelayan,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, dia juga berharap pengurus yang terpilih nantinya mampu merangkul dan menjalin kerjasama yang baik dengan kelompok nelayan, rukun nelayan serta pemerintah. “Bangkitkan semangat dan kekuatan HNSI sebagai organisasi nelayan dalam melanjutkan pembangunan di bidang kelautan dan perikanan. Kiranya HNSI mampu menjembatani nelayan yang ada di Kota Sibolga,” tandasnya.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya berharap agar HNSI dapat menjadi wadah bagi nelayan, guna meningkatkan kesejahteraan para nelayan.”Kiranya dalam Muscab ini dapat terpilih Ketua HNSI yang mampu mengayomi seluruh nelayan yang ada di Kota Sibolga,” katanya.

Usai menyampaikan sambutannya, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani pun didaulat untuk membuka Muscab HNSI Kota Sibolga. (rb)