Siantar Raih Tiga Penghargaan pada BI Award

SIANTAR, bumantaranews.com – Kota Pematangsiantar meraih tiga penghargaan di acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Acara yang dihadiri Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah, digelar di Grand Ball Room Hotel Adimulia Medan, Rabu (24/11).

Kegiatan tersebut dalam rangka komunikasi pandangan BI mengenai kondisi perekonomian terkini, tantangan dan prospek ke depan, dan arah kebijakan BI, serta memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah serta lembaga pendukung program BI. Acara diikuti oleh kepala daerah dan instansi vertikal BI di Sumut.

Acara dimulai dengan menyaksikan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Nasional secara relay, dengan agenda penyampaian prospek perekonomian dan arah kebijakan 2022 oleh Gubernur BI, dan penyampaian arahan memasuki tahun 2022 oleh Presiden Republik Indonesia.

Dalam pembukaannya, Kepala Perwakilan BI Sumut, Soekowardojo, menyampaikan pertumbuhan ekonomi Sumut mengalami rebound dari tahun sebelumnya. Hal tersebut seiring dengan meluasnya vaksinasi, serta terkendalinya Covid-19 dan perkembangan sektor eksternal yang mendukung.

Terkait perkembangan ekonomi Sumut pada Triwulan III tahun 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 3,67% (yoy), dan diprakirakan akan tumbuh positif hingga akhir 2021 pada kisaran 2,5%-3,3% dan akan meningkat di tahun 2022.

Dalam penyelenggaraan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia tersebut, Kota Pematangsiantar menorehkan prestasi atas tiga penghargaan. Penghargaan tersebut antara lain Pemenang Keempat pada North Sumatera Invest-Business Profile Challenge 2021, Pemerintah Daerah Pendukung program UMKM Teraktif, juga Pemerintah Daerah dengan Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah Terbaik.

Penghargaan ini sebagai bukti dari kinerja pemerintah daerah yang turut serta bersama BI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah. (rel)