Wali Kota: Siantar Layak PPKM Level 1

SIANTAR, bumantaranews.com – Kota Pematangsiantar dinilai sudah layak menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Mengingat saat ini jumlah warga yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama mencapai 75%, lansia hampir 60%, dan pelajar sudah menerima vaksin. Tinggal menunggu vaksinasi untuk yang berusia di bawah 12 tahun.

Demikian dikatakan Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah, saat meninjau vaksinasi yang dilaksanakan door to door di Kecamatan Siantar Marimbun, bersama Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Sumatera Utara (Sumut) Brigjend TNI Asep Jauhari, Kamis (25/11).

Pencapaian vaksinasi tersebut, katanya, berkat sinergi Pemko Pematangsiantar bersama BIN Daerah Sumut, TNI-Polri, dan seluruh elemen masyarakat.

“Kalau melihat kondisi, selayaknya Kota Pematangsiantar sudah PPKM Level I. Jadi saya berharap kepada kita semua dan mengimbau masyarakat, khususnya lansia untuk divaksin. Kepada para lansia, jika mau divaksin, sampaikan kepada kelurahan dan puskesmas masing-masing agar tenaga kesehatan mendatangi rumah lansia yang akan divaksin,” terangnya.

Sementara itu Kabinda Sumut Brigjend TNI Asep Jauhari menerangkan, untuk sekian kalinya BIN Daerah Sumut melaksanakan kegiatan vaksinasi massal.

“Untuk hari ini di Kota Pematangsiantar, dengan harapan walaupun sudah mencapai Herd Immunity tetapi kita menyisir masyarakat yang masih ingin divaksin,” katanya.

Diterangkan Asep, BIN Daerah Sumut membawa 1.000 dosis untuk pelajar dan masyarakat Kota Pematangsiantar. Dalam kesempatan itu ia mengimbau, walaupun sudah divaksin, harus tetap mematuhi protokol kesehatan. (rel)