Bupati Taput Resmikan Gedung Sasana Wushu Siborongborong 

TAPUT, bumantaranews.com – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi meresmikan Gedung Sasana Wushu Sanda Pengcab Siborongborong Tapanuli Utara di Lumban Nainggolan Desa Pohan Tonga Kecamatan Siborongborong, Selasa (30/11/2021).

Turut mendampinginya, Staf Ahli Administrasi Umum, Kadispora Taput, dan Pimpinan Perangkat Daerah terkait.

Bupati Nikson Nababan mengaku bangga atas pencapaian prestasi yang telah dicapai oleh Wushu Sanda Pencab Siborongborong. Di mana beberapa kali menang dalam turnamen Wushu antar provinsi, kabupaten. Bahkan sudah melahirkan atlet Wushu Taput yang berhasil mengharumkan nama Tapanuli Utara dengan meraih medali perunggu di PON XX Papua 2021.

“Tuan rumah PON Tahun 2024 adalah Sumatera Utara. Saya harap cabor yang sudah berprestasi dapat semakin meningkatkan prestasinya. Dan kembali mengharumkan nama Tapanuli Utara dengan prestasi yang lebih baik lagi,” ujar Bupati mengawali sambutannya.

Bupati Taput menjelaskan bahwa prioritas anggaran Pemkab Taput saat ini untuk memerdekakan desa dan dusun yang tertinggal. Di mana, infrastruktur yang lancar adalah urat nadi perekonomian. Desa kuat, kota kuat maka Indonesia menjadi negara kuat dan mandiri.

“Dengan keterbatasan anggaran, saya dan para perangkat daerah akan bergotong royong dalam memberikan bantuan untuk memfasilitasi alat perlengkapan olahraga di Sasana Wushu ini. Harapan saya dengan bergotong-royong Wushu Tapanuli Utara semakin semangat latihan dan mengukir prestasi lebih banyak lagi,” ujar Bupati menambahi.

Menutup sambutannya Nikson Nababan meminta dukungan doa untuk kelancaran usulan ke pemerintah pusat. Antara lain, pembangunan pacuan kuda skala internasional, Gedung olahraga di Siborongborong, sport center di Tarutung. Serta terwujudnya pendirian Universitas Negeri Umum Tapanuli Raya. Sehingga Tapanuli Utara bebas dari peta kemikinan.

Prestasi Wushu Taput

Di kesempatan sama, pengelola Sasana Wushu Sanda Pengcab Siborongborong Jefri Pasaribu menjelaskan pencapaian prestasi yang telah mereka raih. Yakni mulai dari turnamen tingkat kabupaten, provinsi. Telah membawa pulang berbagai medali dari perak perunggu dan emas. Bahkan sudah melahirkan atlet Wushu peraih perunggu di PON XX Papua 2021.

“Kami Keluarga Besar Wushu bangga dan sangat berterima kasih atas kehadiran Bupati Nikson Nababan dalam peresmian Sasana Wushu Tapanuli Utara. Gedung ini adalah wujud perjungan kami membangun generasi muda Tapanuli Utara yang berprestasi. Juga wujud kebangkitan Wushu Tapanuli Utara,” ujar Jefri.

Di akhir sambutannya Jefri menyatakan untuk PON XXI 2024 di Sumut Aceh nanti, Wushu Taput menargetkan lima atlet Wushu Taput akan meraih prestasi dengan membawa pulang medali.

“Kepada Bapak Bupati kami memohon dukungan penuh dari Bapak untuk melengkapi peralatan olahraga. Agar kami efektif dalam berlatih demi mencapai target kami di turnamen selanjutnya,” tutupnya. (fir)