Wanita Ini Nekat Tipu Calon Mertua

TANJUNGBALAI, bumantaranews.com – Wanita yang satu ini, Lilitan Simbolon alias Intan (28) termasuk lihai dalam menjalankan aksi penipuan dan penggelapan, tak pandang siapa yang akan menjadi korbannya. Kali ini korbannya pun tak lain calon bapak metuanya sendiri yakni Jaringan Sihotang (59).

Atas aksinya itu, pelaku pun berhasil dibekuk Sat Reskrim Polres Tanjungbalai pada hari Kamis (02/12/2021) sekira pukul 12.30 Wita di Kalimantan Selatan.

Tersangka tersebut yang merupakan warga Sidomulyo Raya, Jalan Sidomulyo Indah, Kelurahan Landasan Ulin Timur, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan diamankan atas laporan korban Jaringan Sihotang, warga Jalan Jamin Ginting, Lingkungan IV, Kelurahan Sirantau,  Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai pada tanggal 02 Februari 2021 di SPKT Polres Tanjungbalai, tentang tindak pidana yang dialaminya pada hari Sabtu tanggal 2 Mei 2020 sekira pukul 11:30 Wib di Jalan Jamin Ginting Alteri, Lingkungan IV, Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai.

Keterangan Kapolres Tanjungbalai AKBP Triyadi SH, SIK, tindak pidana penipuan dan penggelapan tersebut awal mulanya keluarga dari pelapor dan keluarga Hotmin Sinurat sepakat untuk mengenalkan anak mereka yaitu Irwin Sihotang (anak pelapor Jaringan Sihotang ) dengan Lilitan Intan Simbolon (anak dari Hotmin Sinurat).

Kemudian tanggal 02 Mei 2020 sekitar pukul 11.30 Wib, Lilitan Simbolon menerima uang dari pelapor untuk melunasi utangnya kepada seorang laki-laki bermarga Simanjuntak. Setelah sepakat dan disetujui oleh pelapor, maka Lilitan Simbolon menerima uang dan mengirimkan uang sebesar Rp 7.700.000,- (Tujuh Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah) melalui setor tunai antar bank dari bank BRI ke Bank Mandiri (slip transfer terlampir). Ternyata setelah dicek, penerimanya adalah Hariono Marbun bukan bermarga Simanjuntak seperti yang disepakati.

Atas kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sebesar Rp 7.700.00,-(Tujuh Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah). Atas laporan korban tersebut, Sat Reskrim Polres Tanjungbalai dipimpin Kanit IDIK I Sat Reskrim Polres Tanjungbalai Ipda M.Reza Fahrurozzy STrK melakukan penyelidikan terhadap keberadaan tersangka tersebut.

Kemudian didapat informasi bahwa tersangka Lilitan Intan Simbolon alias Intan berada dan tinggal di rumah kosnya di daerah Landasan Ulin Kota Banjar Baru Kalimantan Selatan. Satreskrim membentuk tim untuk melakukan penangkapan ke wilayah Kalimantan Selatan. Lalu tim opsnal termasuk terdapat anggota Polwan berangkat menuju tempat yang dimaksud dipimpin Kanit IDIK I Sat reskrim Polres Tanjungbalai Ipda M.Reza Fahrurozzy STrK yang berkoordinasi dengan tim Jatanras Polda Kalimantan Selatan Opsnal Polres Banjar Baru dan Opsnal Polsek Banjar Baru Kota.

Lalu pada hari Kamis tanggal 2 Desember 2021 sekira pukul 12.30 Wita, tim gabungan bersama Polwan berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka Lilitan Intan Simbolon di rumah kosan milik tersangka di Rt 02 Rw 09 Sidomulyo Raya Landasan Ulin Timur Kota Banjar Baru Kalimantan Selatan.

Selanjutnya pada keesokan harinya, tersangka tersebut dibawa ke Polres Tanjungbalai yang didampingi terus oleh Polwan selama perjalanan guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Terhadap tersangka Lilitan Simbolon alias Intan telah dilakukan penahan di Polres Tanjungbalai dan dikenakan (pasal 378 atau 372 dari KUHPidana),” ujar Kapolres mengakhiri. (ck)