Sabam Sirat Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

SIANTAR, bumantaranews.com – Berbagai tokoh masyarakat mengikuti Seminar Pengusulan Sabam Sirait menjadi Pahlawan Nasional Republik Indonesia di Hotel Sapadia Kota Pematangsiantar, Selasa (7/12/2021) sekira Pukul 09.30 WIB.

Acara Seminar diprakarsai oleh Tokoh masyarakat, Dr R.E Nainggolan. Nara sumber Jadi Pane, Warjio Dosen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, membawa materi berjudul Sabam Sirait : Perjuangan Politik dan Kedaulatan Rakyat di Parlemen.

Narasumber lain, Dr Suprayitno selaku Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia, Sumatera Utara dengan materinya Dari Siantar ke Medan “Kisah Sabar Sirait menempah jiwa Nasional hingga belajar Politik dimasa Remaja”.

Selain itu, Dr Sarmedi Purba juga berperan sebagai Narasumber dihadiri Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah, Ketua DPRD Pematangsiantar, Timbul Lingga, mantan anggota DPD RI, Parlindungan Purba, Kombes Pol (Purn) Maruli Siahaan, GAMKI Kabupaten Simalungun, GAMKI Kota Pematangsiantar, MUKI, PEMKRI, GMKI, para Pendeta dan lain-lain.

Dr R.E Nainggolan saat diwawancarai memgatakan pihaknya sangat mengapreasi terhadap Kota Pematangsiantar yang dari berbagai lintas keberagaman yang menghadiri pengusulan Sabam Sirait menjadi Pahlawan Nasional Republik Indonesia.

“Sabar Sirait adalah Putra Siantar yang berkiprah didunia International maupun Nasional yang dalam hidupnya kurang 40 tahun menegakkan demokrasi sejak mulai SMA sampai akhir hayatnya,”ujarnya.

Lanjut Dr R.E Nainggolan, Sabar Sirait senantiasa menyampaikan misi-misi politiknya dengan sangat baik dan senantiasa menegakkan kebenaran dengan menyatakan salah jika itu yang salah dan meluruskannya dengan sangat indah dan sangat baik.

“Beliau orangnya sangat konsisten, tetapi pada sisi lain, orang yang senantiasa berkolaborasi dengan sesama untuk menegakkan kebenaran dan kita senantiasa sangat berharap, semoga ini menjadi kenyataan dan akan lahir Sabam Sirait junior ditengah-tengah bangsa,”sebutnya.

Dr R.E Nainggolan berpesan kepada Pemuda selaku generasi bangsa agar belajar menjadi Sabam Sirait Junior yang sejak remajanya sunguh-sungguh belajar dengan sangat baik, membaca dengan sangat banyak dan berkiprah ditengah-tengah kehidupannya, baik dia seorang pelajar, Mahasiswa, maupun sampai dengan politisi yang senantiasa menegakkan kebenaran dan keadilan ditengah-tengah bangsa dan masyarakat.(ary/md)