Jalan Simpang Raya Ditutup Total, Ini Rute Lengkap Pengalihan

SIMALUNGUN, bumantaranews.com – Jalan provinsi amblas di Nagori Simpang Raya Dasma Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun yang sudah diperbaiki dengan membangun bronjong, akhirnya dibongkar, Rabu (15/12/2021).

Pasalnya, gorong-gorong yang berada di bawah badan jalan dan bronjong mengalami pecah karena diduga tidak mampu menahan beban tanah, batu dan kendaraan. Air kemudian mengalir dari sela-sela bronjong.

Pantauan di lokasi, pekerja sudah melakukan pembongkaran batu bronjong sejak Selasa (14/12) dan pada hari kedua, batu bronjong yang sudah dilepas dari kawat pengikatnya sudah hampir tuntas dibongkar.

Akibatnya, tanah timbunan yang sebelumnya yang berada di badan jalan tergerus hanyut ke dalam aliran yang air di dalam gorong-gorong pecah.
Kondisi ini menyisakan beberapa batang kelapa yang merupakan penghubung dua sisi jalan yang sudah nyaris putus, sementara di bawahnya kembali terbentuk gua tanpa material.

Terhitung sejak Rabu pagi, seluruh kendaraan roda empat dilarang melintas, hanya kendaraan roda dua yang diperbolehkan. Karena petugas sedang melakukan aktifitas di bawah dan kondisi jalan semakin parah.

Terlihat di lokasi sudah ada 16 box cover, yang informasinya akan digunakan untuk menggantikan seluruh gorong-gorong yang berfungsi mengalirkan air di bawah jembatan.

Sebagai informasi kepada pengendara, untuk dari arah Kota Siantar menuju Raya Ibu Kota Kabupaten Simalungun, dapat mengambil beberapa jalur alternative.

Jalur pertama, melalui jalan perkebunan PTPN IV Kebun Marjandi. Yakni dari Simpang Marjandi yang nantinya keluar di Simpang Embong. Namun, kondisi jalan di dalam perkebunan juga sangat parah. Selain berlubang juga licin di beberapa titik.

Jalur lain, dapat melalui Simpang Raya – Sipoldas – Gunung Mariah dan nantinya keluar di Nagori Sigodang, tepatnya di Batu XX. Namun untuk jalur ini, jalannya cukup sempit dan mendaki. Jalur lain bias juga melalui Partuakan, yang dapat tembus ke Raya Huluan atau Bintang Mariah, Kecamatan Raya. Untuk pengendara dari Raya, dapat memilih jalur sebaliknya. (esa)