Sambut Natal dan Tahun Baru, PP Siantar Barat dan KKHI Donor Darah Bersama

SIANTAR,bumantaranews.com – Pemuda Pancasila Kecamatan Siantar, Karate Kala Hitam Indonesia dan karyawan Taman Hewan Pematangsiantar melakukan donor darah bersama, Senin (20/12/2021) di Komplek Taman Hewan Pematangsiantar Jalan Simanuk-manuk.

Ketua Pemprov Sumatera Utara Karate Kala Hitam Indonesia Andi Prayogi Sinaga sekaligus Ketua PAC Pemuda Pancasila Siantar Barat didampingi Bendahara Gabriel Panjaitan dan Ketua Dewan Pelatih KKHI Benny Siburian, mengatakan kegiatan ini menyambut Natal 25 Desember tahun 2021 dan Tahun Baru tahun 2022.

“Kita selalu melaksanakan bakti soal dalam menyambut hari besar. Kali ini dengan cara yang lain yakni mendonorkan darah. Kegiatan ini bisa menjadi cotoh bagi masyarakat, donor darah itu sangat baik untuk kesehatan dan baik untuk membantu masyarakat lain yang membutuhkan darah,” kata Andika Prayogi.

Dijelaskan Andika, ke depan Pemuda Pancasila dan KKHI juga akan melakukan banyak kegiatan sosial termasuk donor darah, tentunya akan tetap bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Pematangsiantar.

Sementara Kepala Unit Donor Darah PMI Cabang Pematangsiantar Dr Abadi Sinaga, menyampaikan apresiasi kepada Pemuda Pancasila Kecamatan Siantar Barat, Karate Kala Hitam Indonesia Pengcab Kota Siantar dan karyawan Taman Hewan Pematangsiantar yang melaksanakan bakti sosial donor darah.

“Kami sampaikan terimakasih kepada teman-teman Pemuda Pancasila, KKHI dan karyawan Taman Hewan karena sudah mendonorkan darah. Jika sebelumnya PMI memiliki slogan, Setetes Darah Nyawa Bagi Orang Lain, maka saat ini slogannya adalah Anda Sehat, Orang Lain Selamat,” kata dr Abadi Sinaga.

Dijelaskan Abadi, donor darah rutin sekali dalam tiga bulan baik untuk kesehatan. Namun, dalam setiap proses donor darah, petugas wajib melakukan tahapan sebelum dilakukan donor. Mulai dari pemeriksaan tekanan darah, tensi, jenis dan riwayat kesehatan calon pendonor.

 

“Untuk rumah sakit di Kota Siantar dibutuhkan 800 kantong darah setiap bulan, itu belum bisa terpenuhi dari donor darah sukarela seperti yang dilakukan saat ini. Maka untuk memenuhi kekurangan kebutuhan darah tersebut, biasanya keluarga pasien mendonorkan darahnya untuk keluarganya.,” katanya dr Abadi Sinaga.

Dalam kesempatan itu dr Abadi Sinaga menyampaikan, kepada keluarga pasien yang membutuhkan darah agar langsung mendatangi PMI Cabang Pematangsiantar di Jalan Sutomo. Tidak melalui pihak ketiga, menghindari hal-hal yang merugikan pasien.(esa/md)