Pengurus DPW Situmorang Sipitu Ama Sumut III dan IV Dilantik

SIANTAR, bumantaranews.com– Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Parsadaan Situmorang Sipitu Ama (PSSAB) Sudung Situmorang SH MH melantik pengurus PSSAB Wilayah Sumatera Utara (Sumut) III dan PSSAB Wilayah Sumut IV. Pelantikan dilaksanakan di Sapadia Hotel Jalan Diponegoro kota Pematangsiantar, Sabtu (18/12/2021).

Kemeriahan terlihat seluruh pomparan Ompu Tuan Situmorang (OTS) yang hadir dalam pelantikan manortor bersama, bahkan terlihat suami istri tampak mesra dan bergembira, dan manortor bersama secara berpasangan.

Dalam Khotbahnya Pastor Moses Elias Situmorang, OFM Cap mengatakan, jadilah Marga Situmorang yang membawa terang bagi sesama.

“Situmorang itu asal kata Torang (Terang), Jadi kita doakan marga Situmorang Sipitu Ama membawa terang bagi sekitarnya, karena banyak marga Situmorang yang membawa kedamaian, kasih, dan bermanfaat untuk sekitarnya. Demikian juga Situmorang turut dalam pembangunan dan terbentuknya di Republik Indonesia,” kata Pastor Elias, bahwa salah satu Polisi wanita pertama dari 6 orang adalah Nadia Boru Situmorang.

“Ayo bersama-sama berbuat kebaikan, saling mengasihi abang beradik,”kata Pastor Moses, sambil mengingatkan bahwa pomparan Ompu Tuan Situmorang jangan lupa pesan Ompu Tuan Situmorang.

“Ingat pesan ompu kita di Jabi-jabi Sisangapon, kita satu dalam keluarga Situmorang Sipitu Ama. Kita harus bergembira bersama,”pesan Pastor Moses Situmorang, agar jangan ada saling menikah sesama Pomparan/marga keturunan Situmorang Sipitu Ama baik Situmorang Pande, Situmorang Lumban Nahor, Situmorang Suhut Ni Huta, Tuan Ringgo, Sitohang Uruk (Dori Mangambat), Sitohang Tonga-tonga (Raja Itubungna) dan Sitohang Toruan (Raja Bona Ni Onan).

“Kita harus saling mendukung, saling berbagi dalam suka dan duka. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun, Marsahala Ma Marga Situmorang,”tutup Pastor Moses, yang memilih khotbahnya dari nats Mazmur 133:1

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Parsadaan Situmorang Sipitu Ama (PSSAB) Sudung Situmorang, dalam sambutannya mengatakan agar pomparan Ompu Tuan Situmorang tetap semangat Mar Situmorang Sipitu Ama, saling mengasihi saling menopang, maka berkat Tuhan akan melimpah.

“Harus kita ingat Tona (Pesan) Opung kita di Jabi-jabi Sisangapon, bersama kita membangun Situmorang Sipitu Ama ini, mensejahterakan keluarga besar keturunan Ompu Tuan Situmorang,” kata Sudung Situmorang yang lahir di Sibea-bea Harian Boho Samosir ini.

“Kita doakan Patung Yesus di Sibea-bea cepat selesai, Tuhan Memberkati kita semua,”tutupnya.

Sementara Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP, Koordinator  Panitia Tim 5 DPP PSSAB menjelaskan, pelantikan PSSAB Wilayah Sumatera Utara (Sumut) III dan PSSAB Wilayah Sumut IV themanya kebersamaan dan keakraban, sehingga menumbuhkan Holong (kasih).

“Pomparan OTS harus saling mengasihi satu sama lain, itu terlihat nyata hari ini, dari seluruh wilayah yang hadir tampak akrab dan saling menguatkan dalam PSSAB,”kata Binsar Situmorang, memperlihatkan kekompakan pomparan  Ompu Tuan Situmorang dengan manortor bersama.

Ketua DPC PSSAB kota Pematangsiantar Drs M Siringoringo, sebagai tuan rumah pelantikan mengucapkan terimakasih kepada DPP PSSAB dan seluruh keluarga besar Situmorang Sipitu Ama seluruh Indonesia.

“Terimakasih untuk DPP PSSAB atas kepercayaannya, Kota Siantar sebagai Bolahan Amak (tuan rumah). Selamat datang dikota Siantar, dan marilah kita bertambah semangat menjalankan tona ompu Tuan Situmorang. Tetap bersatu mendukung satu dengan yang lainnya, Horas Ma Situmorang Sipitu Ama,”ujarnya.

Dilantik sebagai PSSAB Wilayah Sumatera Utara (Sumut) III; Ketua St Ganner Siringoringo SE, Sekretaris Freddy Situmorang SPd, dan Bendahara Nurdin Sitanggang SPd ditambah pengurus lainnya termasuk ketua Mar Ama-ama dan Pengurus bidang adat, budaya, pendidikan, wisata dan lainnya.

Dilantik sebagai PSSAB Wilayah Sumatera Utara (Sumut) IV; Ketua St Marudut Situmorang MPd, Sekretaris  Yasma Hamonangan Situmorang SSTP MSi dan Bendahara Idaman Situmorang ditambah pengurus lainnya termasuk ketua Mar Ama-ama dan Pengurus bidang adat, budaya, pendidikan, wisata dan lainnya.

Pengurus PSSAB Wilayah Sumatera Utara (Sumut) III yang dilantik meliputi  daerah Siantar, Simalungun, Batubara, Asahan, Tanjung Balai,  Labura, Labuhan Batu dan Labusel, dan Sumut IV  dari daerah Kabupaten Toba, Humbahas, Taput, Sibolga dan Tapteng.

Hadir pada saat pelantikan rombongan DPP PSSAB Se Indonesia baik dari Jakarta, Medan dan dari daerah lainnya, demikian juga rombongan pengurus DPC kota Pematangsiantar.(rel/md)