Golkar Sumut Copot Ketua Nias Selatan, Kader Lapor Ke Airlangga

Medan-Bumantara: Kisruh Golkar di Sumatera Utara kembali terjadi. Kali ini terjadi pada kepengurusan Golkar Kabupaten Nias Selatan.

Informasi dihimpun, Selasa 9 Mei 2023 Ketua Golkar Sumut Musa Rajekshah mencopot Ketua Golkar Nias Selatan Sozanolo Ndruru dan Sekretaris Golkar Nisel Suapri Sarumaha.

Melalui surat bernomor SKep-04/GK-SU/IV/2023, Golkar Sumut menunjuk Palaceta Subianto dan Hendri Adi sebagai Plt Ketua dan Sekretaris Golkar Nisel. Surat itu diteken Ketua dan Sekretaris Golkar Sumut, Musa Rajekshah dan Ilhamsyah pada 27 April 2023.

Namun keputusan itu disayangkan kader Golkar Sumut sendiri, Ebenezer Hia. Menurutnya, penunjukkan Plt itu memang kewenangan DPD Golkar Sumut. Namun sangat disayangkan karena pengambilan keputusan tersebut terkesan dipaksakan.

“Dampaknya adalah banyak kader Golkar Nisel berpindah partai. Padahal kader-kader tersebut adalah kader yang sudah membesarkan partai Golkar selama ini,” kata Ebenezer.

Dijelaskan Ebenezer,enggerakkan roda organisasi, semestinya Plt Ketua wajib ada di Nias Selatan. “Kenyataanya Plt Ketua dan Plt Sekertaris berada di Medan,” kata Ebenezer.

Ebenezer meyakini, penunjukan Plt tersebut berdampak buruk bagi perolehan suara Partai Golkar khususnya di Nias Selatan.

“Ketua Golkar SUMUT Bapak Ijeck sangat tidak bijaksana dan hanya mendengar sepihak, tidak mempertimbangkan hal-hal positif dari keberhasilan Ketua DPD Golkar Nisel yang sudah beberapa periode menjadikan Golkar Nisel menjadi pemenang di Nias Selatan,” kata Ebenezer.

Dia berharap DPP Partai Golkar mau meninjau keputusan tersebut demi menyelamatkan Golkar Sumut dari kehancuran.

“Kami Kader dan 22 pengurus kecamatan di Nisel sudah mengirim surat keberatan ke Ketua Umum DPP Partai Golkar. Jika Ketua Umum tidak tanggap juga, kami akan tempuh mekanisme melaporkan kepada Mahkamah Partai,” tukas Ebenezer. Bum-RA