Mahasiswa KOMAHI Potensi Utama-Konsul Amerika Peringati Women’s History Month

Medan-Bumantara: Perempuan merupakan bagian terpenting dalam komunitas. Namun ada satu fakta bagaimana wanita selalu menempati posisi kedua dalam hal pengelolaan finansial, rumah tangga atupun suatu organisasi.

Demikian salahsatu pembahasan yang dicetuskan dalam Peringatan Bulan Sejarah Wanita yang digelar oleh Konsulat Amerika Serikat di Medan berkolaborasi dengan Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI) Universitas Potensi Utama.

Giat yang dihelat Kamis 6 April 2023 di Medan Creator Space. Dan dihadiri Wakil Konsulat Amerika Serikat di Medan Jessica Chesbro, Rachma Jaurinata Cultural and Political Specialist US Consulate Medan, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Kependidikan Universitas Potensi Utama Ashari P.Swondo, Ketua Program Studi Hubungan Internasional Universitas Potensi Utama Helga Yohana Simatupang, dosen beserta mahasiswa Hubungan Internsasional Universitas Potensi Utama, serta beberapa mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Medan.

Peringatan juga diisi dengan kegiatan ngabuburit, iftar dan movie screening “$AVVY”.

$AVVY merupakan film dokumenter yang menceritakan tentang kehidupan wanita di masa dinamika gender. Dalam film ini juga menggambarkan bagaimana uang dan norma budaya sosial telah membawa wanita mengambil kursi belakang untuk keuangan mereka sendiri.

Wakil Konsul Amerika di Medan, Jessica Chesbro mengungkapkan wanita merupakan bagian terpenting dalam komunitas. Ia juga bercerita tentang bagaimana wanita selalu menempati posisi kedua dalam hal pengelolaan finansial, rumah tangga atupun suatu organisasi.

Sebelum pemutaran film $AVVY, kegiatan diawali dengan pemaparan dari Rachma Jaurinata Cultural and Political Specialist US Consulate Medan terkait Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI).

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemutaran film $AVVY dan diikuti dengan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh Ketua Program Studi Hubungan Internasional Universitas Potensi Utama Helga Yohana Simatupang.

Sementara itu salahsatu Mahasiswi Hubungan Internasional Universitas Potensi Utama, Cut Salsabila Bahroem menyatakan perempuan juga memiliki kesempatan yang sama dengan lelaki dalam berbagai bidang termasuk perekonomian.

Cut berfokus dalam wirausaha pengolahan cangkang kerang yang dimanfaatkan menjadi berbagai barang seperti cermin, jam serta bros.

Acara ditutup dengan sesi buka bersama dan penyerahan souvenir berupa kerajinan tangan dari Cuts Create kepada Konsulat Amerika Serikat di Medan dan Medan Creator Space serta foto bersama dengan semua peserta.