Sejumlah Menteri Kabinet Jokowi Maju Caleg 2024

Jakarta-Bumantara: Sejumlah menteri dan kepala lembaga yang jadi pembantu Presiden Jokowi di Kabinet Indonesia Maju dikabarkan menjadi calon anggota legislatif (Caleg) tingkat DPR RI di Pemilu 2024 mendatang.

Informasi dihimpun, Rabu 10 Mei 2023 Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menjadi caleg dari PAN dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah I.

Zulhas pada pemilu sebelumnya rutin maju Caleg di Dapil Lampung I yang meliputi Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat.

Tak hanya Zulhas, menteri-menteri dari PKB seperti Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Ida diplot menjadi caleg di Dapil Jakarta II yang meliputi Jaksel, Jakpus dan Luar Negeri.

Kemudian ada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar telah didaftarkan maju sebagai caleg dari Daerah Pemilihan Jawa Timur.

Selain itu, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani juga dikabarkan akan maju sebagai caleg dari Partai Hanura. Benny akan maju dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat II, yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Senada, Wakil Menteri Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Ferry Noor telah memutuskan maju sebagai caleg DPR dari Dapil Jawa Barat V atau Kabupaten Bogor di Pemilu 2024.

Tak ketinggalan, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo juga akan maju lewat Partai Perindo. Putri Ketum Perindo Hari Tanoe ini akan maju di Dapil Jawa Timur.

Sementara itu, PDIP menempatkan beberapa kadernya sebagai menteri di kabinet pemerintahan Jokowi saat ini. Mereka yakni Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri PPPA Gusti Ayu Bintang Darmawati hingga Menteri PANRB Azwar Anas. Mereka dikabarkan juga akan bertarung pada Pileg 2024.

Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu tak melarang para menteri mendaftar sebagai calon anggota DPR. Dalam aturan itu, Para menteri bahkan tak diperlukan untuk mengundurkan diri dari jabatannya ketika maju caleg. Bum-RA