Walikota Siantar dan Forkopimda Gelar High Level Meeting

Medan-Bumantara: Walikota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA bersama Forkopimda Plus Pematang Siantar menggelar High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Pematang Siantar di ruang rapat Bank Indonesia Pematang Siantar, Rabu (10/5/2023).

Walikota mengatakan kegiatan rapat Ini sangat strategis, yang merupakan wujud sinergi dan komitmen bersama dalam rangka menjaga tingkat Inflasi. Sebagai salah satu prasyarat pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkesinambungan. Sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Digelarnya pertemuan ini adalah untuk lebih memperkuat koordinasi dan sinergi seluruh stakeholders dalam menjaga tingkat inflasi. Tugas tim pengendali inflasi daerah diantaranya memantau perkembangan harga komoditas, terutama harga pangan, melakukan koordinasi dan pengecekan harga barang di pasar, dengan maksud agar pengendalian harga dapat dipantau secara berkelanjutan.

“Untuk itu, kegiatan High Level Meeting TPID ini diharapkan bisa menjadi wadah koordinasi untuk menentukan langkah-langkah antisipasi yang perlu dilakukan untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan tersebut. Kita berharap diskusi nantinya akan memberikan informasi berkenaan dengan kebijakan langkah-langkah ke depan yang harus kita ambil,” kata Walikota.

Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando SH SIK mengungkapkan akan mendukung tugas-tugas dari pemerintah daerah dalam rangka menstabilkan dioptimalkan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab, terutama dalam peningkatan perekonomian di kota pematang siantar.

“Dengan angka inflasi di Kota Pematang Siantar yang terkendali, jadi inflasi ini bukan menjadi suatu apa momok yang menakutkan tetapi kita wajib memberitahukan kepada masyarakat, bagaimana perkembangan kota Pematang Siantar melalui data sisi inflasi. Jadi bukan untuk kalangan internal kita saja atau tim pengendali inflasi daerah, tujuannya yakni agar kita bisa mengedukasi masyarakat,” terangnya.

Kajari Jurist Precisely Sitepu SH MH mengatakan seyogyanya pihaknya berbuat bukan sekadar rutinitas tugas tetapi pelaksanaan visi kota kita sehat, sejahtera, dan berkualitas.

“Tadi saya tertarik dengan pembahasan potensi dan penanganan inflasi ini. Bahwasanya potensi Idul Adha itu akan naik tentu kita bisa melihat tahun kemarin bagaimana yang telah terjadi dan apa saja yang menjadi kendala selama ini. Melalui resource data yang telah terjadi tahun kemarin kita bisa buat asas untuk analisa sasaran, analisa tugas inilah menjadi random pekerjaan kita, dan bilamana terjadi penimbunan kiranya kami sangat tidak mentolerir dan kita akan lakukan penindakan,” tegasnya.