Paparkan Rehabilitasi Narkoba di Penjara, Taufik Ismail Wakili Indonesia Di International Recovery Summit

Asia Metropolitan University melalui Emeritus Addiction Studies Membuat kegiatan International Recovery Summit 2023 mulai 8-11 Mei 2023 bertempat di Swiss Garden Hotel Melaka Malaysia.

Acara tersebut adalah pertemuan rutin pertemuan profesional adiksi dari seluruh dunia dan tahun ini Malaysia menjadi penyelenggara kegiatannya yang diikuti 70 peserta dari 9 negara yaitu Indonesia, Malaysia, United Kingdom (Inggris), Philipina, Buthan, India, Nepal, Singapura dan Thailand.

Dalam kegiatan tersebut delegasi dari Indonesia, Muhammad Taufik Ismail S.E.,ICATS. ICAP I ditunjuk sebagai pembicara dalam hari terakhir tentang tema praktik terbaik menjalankan rehabilitasi.

Taufik yang mewakili Fokus Rehabilitasi dan LP Kelas IIA Pematangsiantar tersebut memaparkan bagaimana menjalankan rehabilitasi di dalam penjara.

Dalam paparannya Taufik mulai menjelaskan bagaimana mengimplementasikan program rehabilitasi narkoba di dalam lapas mulai dari penerimaan sampai dengan terminasi.

Banyak tanggapan positif dari banyak delegasi negara lain, khususnya para pemerhati Hak Asasi Manusia.

Tay Bian How selaku Director Emeritus Addiction Studies mengatakan bahwa rehabilitasi harus dilakukan dengan sesuai standar yang ada dengan mengedepankan hak asasi manusia dan menggunakan Evidence Based Practices

“Apa yang dilakukan teman teman di Indonesia khususnya di LP Kelas IIA Pematangsiantar cukup baik karena sudah mengacu ke International Standart,” ucapnya.

Di saat yang sama, Taufik menyebutkan bahwa apa yang dipaparkan adalah apa yang dikerjakan.

“LP Klas IIA Pematangsiantar berkomitmen untuk meningkatkan layanan untuk memenuhi hak para korban penyalahgunaan napza yang sedang menjalani pidana penjara,” katanya.

Di akhir wawancara, Taufik menyampaikan terimakasih kepada Kepala Div Pemasyarakatan Kanwilkumham Sumut Rudi F Sianturi, Ka LP Kelas IIA Pematangsiantar M Phitra Jaya, Kabid Yantahwat Div Pas Kanwil Kemenkumham sumut, Kasie Binadik LP Kelas IIA Pematangsiantar Bapak Erwin Siregar serta seluruh tim Pokja Rehabilitasi dan Konselor Adiksi Fokus Rehabilitasi atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan.

“Terimakasih atas kepercayaan mewakili dan kesempatan untuk memaparkan apa yang sama sama kita kerjakan, sekali lagi saya haturkan terima kasih,” pungkasnya. Bum-FS