Indonesia Ke Final, Pelatih Vietnam Tak Pernah Menang Lawan Timnas Garuda

Medan-Bumantara: Timnas Indonesia berhasil mengandaskan perlawan Vietnam pada semifinal Cabor sepakbola Sea Games 2023 Kamboja. Bermain dengan 10 pemain, Timnas Garuda mengentikan laju Vietnam yang kini dilatih Philip Troussier dengan skor 3-2.

Gol Indonesia disarangkan oleh Komang Tri di babak pertama dan Muhammad Ferrari di babak kedua. Dengan hasil ini, Rizky Ridho dan kawan-kawan berhak melaju ke partai Final untuk memperebutkan emas sepakbola Sea Games Kamboja.

Bagi Pelatih Timnas Indonesia Indra Syafri, ini merupakan balas dendamnya kepada Vietnam setelah kandas pada Sea Games 2019 dan 2021.

Sementara bagi, Phillippe Troussier, ini merupakan kekalahan kedua baginya saat melawan Indonesia.

Sosok Pelatih asal Prancis ini juga pernah kalah dari Timnas Indonesia ketika membesut Timnas Qatar pada Piala Asia 2004 di Cina.

Saat itu, Qatar tumbang oleh Skuad Merah Putih dengan skor 2-1. Usai kekalahan itu, Phillippe Troussier dipecat gegara gagal mengalahkan Timnas Indonesia yang saat itu dibawah asuhan pelatih Ivan Kolev. Indonesia tampil mengejutkan di Workers Stadium Beijing di laga penyisihan Group A Piala Asia 2004, tepatnya pada 18 Juli 2004.

Dua gol Tim Merah Putih dicetak masing-masing oleh Budi Sudarsono di menit ke-21 dan Ponaryo Astaman di menit ke-48. Sementara Qatar cetak gol balasan lewat Magid Mohamed di menit ke-83.

Dengan kekalahan di Sea Games 2023 dari Indonesia, tentu ini menjadi sejarah kelam bagi karir kepelatihan Phillippe Troussier. Bum-RA