FIS UINSU Jalin MoA dengan Pemkab Labura

Aek Kanopan-Bumantara : Dalam rangka menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UINSU melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA), kemarin.

MoA atau nota kesepakatan terkait implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi tersebut ditandatangani bersama Dekan FIS UINSU, Prof Dr Abdurrahman, M.Pd bersama Sekda Kabupaten Labura, H. Muhammad Suib, S.Pd, MM.

“Sebelumnya sudah ada MoU antara Rektor UINSU dengan Bupati Labura Bapak Hendriyanto Sitorus. Kami menindaklanjutinya dengan kerja nyata untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi UINSU di masyarakat,” ujar Prof Abdurrahman.

Prof Abdurrahman pun menyampaikan, bahwa pihaknya berterimakasih atas kesediaan pihak Sekretariat Daerah Labura dalam menyukseskan kerjasama ini.

“Program yang ada nantinya sebagai salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) FIS UINSU dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Termasuk juga program pengabdian masyarakat dan penelitian,” ujarnya.

Pihaknya berharap, dapat berkolaborasi lebih banyak ke depan melalui pelibatan berbagai program studi yang ada guna mendukung program pembangunan yang dilakukan Pemkab Labura. Seperti yang sudah berjalan adalah pelibatan FIS UINSU dalam proses asesmen pejabat di Pemkab Labura.

“Terutama terkait pemberdayaan masyarakat, penguatan kelembagaan organisasi perangkat daerah dan pendampingan pengembangan teknologi dan inovasi,” sebutnya.

FIS UINSU kata Prof Abdurrahman memiliki empat program studi yang mampu berkolaborasi dengan Pemkab Labura seperti Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Perpustakaan, Prodi Sejarah Peradaban Islam dan Prodi Sosiologi Agama.

“Kami siap mendukung dengan kajian ilmiah dan pengabdian masyarakat terkait membangun citra positif pemkab, memperkuat pengelolaan perpustakaan daerah, menemukan potensi sejarah untuk kepariwisataan daerah dan memaksimalkan potensi keberagaman masyarakat setempat untuk Labura yang hebat.”

Sementara, Sekdakab Labura, Muhammad Suib, menambahkan, sebenarnya kegiatan kerjasama sudah sering dilakukan bersama UINSU meski tanpa sebuah dokumen kerja sama.

“Tentunya dengan penandatanganan MoA dapat semakin memperkuat kerjasama yang dilakukan ke depan,” pungkasnya. Bum-rel/gus