Warga Belawan Tak Lagi Keluhkan Banjir Rob Sejak Ada Rumah Pompa Air

Medan-Bumantara : Sejumlah warga yang tinggal di Kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan saat ini sudah tidak lagi mengeluhkan banjir Rob. Hal ini dikarenakan adanya rumah pompa air yang dibangun atas kolaborasi Walikota Medan Bobby Nasution dengan Kementerian PUPR. Rumah pompa air ini juga telah berfungsi dengan baik.

Selain rumah pompa air, tanggul sepanjang 329 meter yang berada di zona A (Kelurahan Belawan I) juga telah selesai dibangun. Dengan berfungsinya rumah pompa air dan selesainya tanggul, komitmen Bobby Nasution dalam penanganan banjir ( Medan tanpa banjir) khususnya banjir rob di Belawan terealisasi.

 

Haji Rusli, salah seorang warga yang tinggal di jalan Langkat Kelurahan Belawan I, mengungkapkan selama ini dirinya dan warga merasakan banjir Rob. Namun saat ini setelah berfungsi rumah pompa air dan tanggul disini selesai dibangun, kami tidak lagi merasakan banjir rob.

“Selama ini kami terus merasakan banjir pasang air laut, sampai rumah kami habis kena banjir. Tapi inshaAllah dengan adanya rumah pompa air dan bendungan itu, sekarang ini tidak pernah kami lagi merasakan banjir pasang. Alhamdulillah pak Wali Kota Medan Bobby Nasution, kami mengucapkan terima kasih,” Kata Haji Rusli yang juga tokoh masyarakat ketika ditemui di rumahnya, Selasa, 30 Mei 2023.

Menurut Haji Rusli, jika terjadi banjir Rob, maka wilayah ini akan banjir selama satu sampai dengan 2 jam. Namun yang dikhawatirkan jika datang banjir Rob ketika malam hari saat sedang tidur, bisa bisa kami di dalam rumah mengalami banjir.

“Alhamdulillah sekarang dengan adanya bendungan dan pompa tidak lagi datang banjir Rob, jika ini tidak ada Pastinya rumah kami kena banjir Rob,” Jelas Haji Rusli.

Selanjutnya Haji Rusli mengajak seluruh masyarakat untuk dapat mendukung program pemerintah dengan menjaga kebersihan lingkungannya khususnya dari sampah.

“Kami juga mengharapkan kepada masyarakat, saat ini tempat kita ini sudah bagus dan cantik, mudah-mudahan masyarakat tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan di parit- parit, agar lingkungan kita terjaga,” Ujarnya.

Manfaat adanya rumah pompa air juga dirasakan Anita, warga Kelurahan Belawan I. Diungkapkan Anita, sejak rumah pompa air berfungsi air pasang tidak datang lagi ke wilayah mereka. Selain itu anak- anak juga sekolahnya lancar, dimana jika banjir kesekolah pasti terkendala.

“Banyak perubahan disini sejak ada rumah pompa air. tidak pernah lagi melihat banjir pasang disini. inshaAllah kondisi saat ini dapat terus seperti ini,” Jelas Anita yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga.

Menurut Anita, setelah selesai pembangunan rumah pompa air dan tanggul di bulan Februari, diwaktu itu juga wilayah tempat tinggalnya tidak merasakan banjir Rob lagi.

“Kemarin juga ada terjadi pasang air, diwaktu pagi dan sore hari. Namun tidak lagi sampai di rumah kami,” Ujar Anita.

Anita berharap program Kolaborasi Wali Kota Medan Bobby Nasution dengan Kementerian PUPR dalam mengatasi banjir Rob dapat terus dilakukan di titik-titik yang telah ditentukan.

“Mudahan-mudahan program ini bisa berkelanjutan sampai ketempat yang lain, sehingga warga lainnya juga akan merasakan pasang air Rob,” pungkas Anita sembari mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Sementara itu, Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap menjelaskan dibangunnya rumah pompa air dan tanggul di Belawan merupakan salah program prioritas bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam penanganan banjir Rob.

Menurut Subhan, Saat ini sudah ada satu unit rumah pompa air yang sudah selesai dibangun oleh kementerian PUPR. Rumah pompa air yang berada di Kelurahan Belawan I ini ada tiga pompa yang ketiganya berfungsi dengan baik.

“Ini adalah salah satu rumah pompa air yang telah selesai dibangun dan berfungsi. Terdapat 5 rumah pompa air lagi yang akan dibangun di Kecamatan Medan Belawan,” ujar Camat Medan Belawan.

Dijelaskan Subhan, rumah pompa air ini akan mengatasi banjir rob di Kelurahan Belawan I tepatnya air yang ada di dalam drainase di jalan Langkat, jalan Kampar, Jalan Rokan, dan jalan Deli. Nantinya jika banjir rob terjadi maka pintu air akan kita tutup, kemudian air laut yang berada di drainase akan dialirkan kedalam colector drain kemudian di pompa dan dibuang ke laut.

“Semua air pasang yang mengalir ke dalam drainase warga di jalan tersebut akan dialirkan ke dalam colector drain atau ke kolam penampungan. kemudian air akan dipompa dan dibuang ke laut,” Jelas Camat sembari mengungkapkan manfaat dari rumah pompa air ini sudah dirasakan oleh masyarakat.

Seperti diketahui penanganan banjir rob Belawan merupakan bagian dari program Prioritas Bobby Nasution dan program penataan Kawasan Belawan yang dilakukan oleh Kementerian PUPR secara bertahap mulai dari tahun 2022 hingga beberapa tahun ke depan. Penataan ini dilakukan untuk mengatasi ancaman banjir rob, kemiskinan ekstrem, dan masalah kesehatan di Kecamatan Medan Belawan. Bum-gus/do