Harapkan Data Akurat, Pemko Medan Dukung Sensus Pertanian 2023

Medan-Bumantara : Pemko Medan mendukung dan berharap Sensus Pertanian 2023 menghasilkan data yang akurat serta bisa mewujudkan kemajuan sektor pertanian. 

Hal ini disampaikan Walikota Medan Bobby Nasution dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Muhammad Sofyan, saat menjadi Pembina Apel Siaga Sensus Pertanian 2003, Rabu, 23 Mei di Lapangan Rengas Pulau, Medan Marelan.

“Meskipun sektor pertanian bukan sektor utama di Kota Medan akibat keterbatasan lahan yang kita miliki, kami ingin sektor pertanian tetap bisa menghasilkan produk yang maksimal,” sebut Sofyan.

Dalam kegiatan yang diikuti antara lain oleh Kepala BPS Kota Medan Enny Nuryani Nasution, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Baginda Siregar, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Arrahmaan Pane diwakili Kabid Statistik dan Informasi Publik Rizka Firdahlia, dan seluruh petugas Sensus Pertanian 2023 itu, Sofyan menyampaikan apresiasi Pemko Medan atas inisiasi BPS Medan melaksanakan program ini.

“Ini menjadi bukti BPS Medan siap meningkatkan sektor pertanian dengan menyediakan data yang terstruktur hingga ke unit terkecil dan dapat dipergunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian,” katanya.

Sofyan menyebutkan, dinas-dinas terkait hingga aparat yang bertugas di seluruh tingkat pemerintahan siap bersinergi dan berkolaborasi untuk membantu dan mendukung petugas lapangan dalam mengumpulkan data yang akurat sesuai dengan harapan BPS Medan.

Data yang akurat dan kredibel, lanjut Sofyan, akan membantu Pemko Medan dalam membentuk dan menyusun setiap kebijakan maupun perencanaan yang tepat demi menyukseskan pembangunan di sektor pertanian.

“Harapannya, setiap kebijakan yang dibentuk dapat menjawab seluruh permasalahan yang ada di masyarakat,” sebutnya seraya berharap data yang dihasilkan BPS Kota Medan ini dapat menjadi masukan dan arah dalam memutuskan kebijakan.

Kegiatan ini ditandai dengan Pembacaan Ikrar Penyuksesan Sensus Pertanian Tahun 2023 oleh Kepala BPS Medan yang diikuti seluruh peserta apel. Selain itu, secara simbolis Sofyan didampingi pimpinan perangkat daerah Pemko Medan memasangkan atribut kepada beberapa petugas sensus. Bum-rey