Tampil Apik & ‘Menghipnotis’, Tim Kesenian Kota Medan Pukau Warga Batam di Kenduri Seni Melayu

Batam-Bumantara: Atraksi  yang ditampilkan Tim Kesenian Kota Medan tampil memukau  di acara Kenduri Seni Melayu (KSM)  di Kota Batam, Rabu, 14 Juni 2023. Para penari hasil binaan Dinas Pariwisata Kota Medan tampil memikat mengusung  tarian multietnis yang menggambarkan keberagamanan etnis di ibukota Provinsi Sumatera Utara. Ratusan pengunjung yang hadir menyaksikan KSM tak putus memberikan aplaus dan tepuk tangan meriah selama pertunjukan berlangsung.

Tidak hanya ratusan pengunjung, aksi  menawan Tim Kesenian Kota Medan ini juga disaksikan langsung Walikota Medan Bobby Nasution, Walikota Batam Muhammad Rudi bersama istri Marlin Agustina yang juga Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) serta   Walikota Tanjung Pinang Rahma SIP guna memeriahkan Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Raker Komwil I APEKSI) Tahun 2023.

Dalam tarian Multi Etnis tersebut, Tim Kesenian Kota Medan  tampil lepas membawakan tarian etnis yang ada di Kota Medan seperti Tarian Melayu, Aceh, Karo, India, Minang, Jawa, Tionghoa, Simalungun, Toba, Pakpak dan Mandailing diiringi musik daerah masing-masing. Seluruh pengunjung yang hadir  seperti terhipnotis sehingga menyaksikan seluruh tarian etnis hingga berakhir.

Bobby Nasution selaku Ketua Komwil I Apeksi sangat mengapresiasi digelarnya KSM tersebut.  Apalagi, ungkapnya, KSM persis seperti  Gelar Melayu Serumpun (Gemes) yang digelar rutin Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan  setiap tahunnya.  Saat Gemes digelar Mei lalu di Istana Maimun Medan, bilangnya, Kepri juga mengirimkan delegasi penarinya untuk ikut serta memeriahkannya, termasuk delegasi dari India.

Dikatakan menantu Presiden JokoWidodo ini, baik KSM maupun Gemes merupakan festival yang digelar untuk mengenalkan  seni budaya Melayu baik di Indonesia maupun negara serumpun yang memiliki unsur Melayu.

“Kami sangat mengapresiasi atas diegalarnya KSM ini. Sebab, event ini menjadi kegiatan yang sangat luar biasa untuk mengenalkan kebudayaan Melayu yang ada di daerah kita masing-masing. Apalagi Batam juga jadi kota yang berdekatan dengan negara-negara tetangga sehingga bisa menjadi sarana mengenalkan budaya yang ada,” kata Bobby Nasution.

Usai pertunjukan, warga Kota Batam mengaku sangat kagum dengan atraksi Tim Kesenian Kota Medan yang tampil tanpa cela selama pertunjukan berlangsung. “Saya sangat kagum dan tertarik saat penari menampilkan karakter Hanoman dan Sigale-gale. Tariannya sangat menarik dan luar biasa,” puji Reni, salah seorang warga Batam.

Ungkapan senada juga disampaikan Nathalia. Ibu rumah tangga asal Kota Medan yang telah lama menetap di Kota Batam itu, menilai Tim Kesenian Kota Medan yang tampil di KSM sangat luar biasa saat membawakan Tarian Multi Etnis. “Tarian yang ditampilkan sungguh luar biasa  dan sangat menghibur. Saya jadi ingat dengan kampung halaman di Kota Medan,” ungkap Nathalia jujur yang hadir di KSM dengan membawa anaknya tersebut. Bum-Rel