UNIMED Terima 4.267 Siswa Yang Lulus Jalur SNBT 2023

Medan-Bumantara: Pengumuman hasil Seleksi Nasional Berbasi Test (SNBT) Tahun 2023 telah diumumkan oleh panitia pusat SNMPB pada hari ini Selasa, 20 Juni 2023, Pukul 15.00 Wib, para siswa yang telah mengikuti UTBK-SNBT pada bulan Mei lalu, dapat melihat secara langsung kelulusannya pada laman http://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan pada laman mirror https://snbt.unimed.ac.id.

Dari 21.847 siswa yang mendaftar UTBK-SNBT Tahun 2023, Sebanyak 4.267 orang berhasil lolos untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Medan. Penerima Pendaftar di UNIMED meningkat 9% dari jumlah yang diterima pada jalur SBMPTN yang sekarang dikenal SNBT. Kenaikan ini menempatkan UNIMED masuk 10 Besar PTN Penerima Terbanyak pada urutan ke 7. Selain itu pada tahun ini juga UNIMED masuk 5 besar PTN Penerima Pendaftar KIP Kuliah Terbanyak dengan jumlah 2.101 orang.

Rektor Unimed Prof. Syamsul Gultom, di kantornya, menyampaikan ucapan selamat kepada orang tua yang anaknya berhasil lulus pada jalur SNBT di Unimed.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh calon mahasiswa baru UNIMED Jalur SNBT 2023, kami selaku pimpinan dan seluruh civitas akademika sangat senang dan bangga Bapak/Ibu dan siswa yang lulus dan akan segera menjadi bagian keluarga besar Unimed, jika nanti sudah mengikuti rangkaian registrasi, daftar ulang dan membayar UKT, maka sudah sah seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan lulus menjadi civitas Unimed. Kami menghimbau para siswa yang telah dinyatakan lulus selalu memantau informasi daftar ulang pada website https://www.unimed.ac.id,” ujar Rektor.

Lanjutnya Rektor berkata agar orang tua tidak lupa bersyukur atas nikmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dikarenakan putra/putrinya telah berhasil bersaing melawan 21.847 siswa yang memperebutkan kursi di UNIMED.

Lanjut Prof. Syamsul, berkata “bagi siswa yang belum diterima melalui jalur SNBT jangan berkecil hati karena masih mempunyai kesempatan untuk bersaing kembali di jalur Seleksi Mandiri”.

“Percayalah, jika saudara yakin, tetap berusaha, dan serius belajar mempersiapkan diri, mudah-mudahan saudara bisa lulus di PTN tujuan saudara untuk kuliah. Sedangkan bagi yang telah dinyatakan lulus, segeralah persiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk registrasi pada laman https://www.unimed.ac.id. Lihatlah jadwal-jadwal penting untuk melakukan daftar ulang/registrasi, agar tidak terlambat”, ucapnya.

“Kepada siswa yang belum beruntung dan masih mempunyai semangat untuk masuk ke UNIMED jangan cepat menyerah karena UNIMED masih mempunyai jalur masuk terakhir yakni Seleksi Masuk MANDIRI, SM-Mandiri UNIMED masih dibuka sampai dengan 04 Juli 2023, Kami menyediakan kuota sebanyak 1704 kursi, jadi jangan buang waktu lagi segera mendaftar di website https://sm.unimed.ac.id,” ujar Prof. Syamsul.

“Terakhir saya ingin menyampaiakan bagi siswa/siswi yang lolos jalur SNBT untuk kuatkanlah komitmen dalam menempuh pembelajaran pada Prodi dan PTN yang telah saudara pilih sesuai pengumuman kelulusan. Sekali lagi kami pimpinan Unimed mengucapkan selamat bergabung di kampus hijau Unimed. Semoga saudara dapat sukses studi dan sukses karir bersama kampus Unimed yang kita banggakan,” ujarnya.

Adapun Lima Prodi favorit di Unimed jalur SNBT 2023 yang peminatnya tertinggi, nomor satu ditempati oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan jumlah peminat sebanyak 2523 pendaftar, kedua prodi Manajemen dengan jumlah peminat sebanyak 1296 pendaftar, ketiga Prodi Ilmu Komputer dengan jumlah peminat sebanyak 972 pendaftar, keempat Prodi Akuntansi dengan jumlah peminat sebanyak 953 pendaftar, dan urutan kelima adalah prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dengan jumlah peminat sebanyak 924 pendaftar. Bum-Gus/Do