Relawan Bobby Nasution: KontraS Kemana Saja, Korban Begal Sudah Berjatuhan Kok Gak Pernah Ngomong

Medan-Bumantara: Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) mengecam pernyataan Walikota Medan yang mendukung tembak mati begal. Namun elemen masyarakat mengaku heran kenapa KontraS tak pernah mengadvokasi korban begal itu sendiri. 

Demikian disampaikan Awaluddin Matondang, salah seorang Relawan Bobby Nasution kepada wartawan, Rabu 12 Juli 2023 di Medan. Awaluddin yang juga Ketua Relawan Komat Pro BN itu memandang KontraS tidak jernih melihat persoalan yang terjadi di masyarakat.

“Coba jernih lah berpendapat. Atau apakah selama ini KontraS kurang info terkait korban begal yang sudah berjatuhan dengan cara yang sadis?” kata Awaluddin.

Di sisi lain, Awaluddin menilai Walikota Medan Bobby Nasution tidak perlu meminta maaf seperti yang dituntut KontraS. Sebab tindakan tegas seperti tembak mati begal itu merupakan suara aspirasi sebagian besar masyarakat Kota Medan.

“Yang pelaksanannya tetap di Kepolisian yang punya standar operasional prosedur untuk melakukan itu. Tapi yang pasti kami mendukung penuh begal ditembak mati yang tidak hanya meresahkan tapi sudah menghilangkan nyawa manusia dengan sadis,” ujar Awaluddin.

Awaluddin juga mengimbau agar elit Parpol tidak mempolitisir pernyataan Walikota Medan yang mendukung kepolisian menembak mati pelaku begal.

“Ya harusnya politisi yang duduk jadi wakil rakyat juga memikirkan nasib korban begal dan berkontribusi untuk solusinya. Bukan malah mengompori,” tukas Awaluddin.

Terpisah, Relawan BaraJP Kota Medan Parkin Sihaloho menegaskan siap melawan KontraS. “Kita lawan KontraS. Kok kemarin-kemarin tidak bersuara soal korban begal. Ke mana aja selama ini. Atau cuma mau pansos saja?” kata Parkin.

Di sisi lain, Relawan All Real Bobby (ARB) Alexius Turnip berpendapat KontraS harus juga memikirkan hak asasi korban begal. “Pernah kah KontraS memperhatikan korban begal? Atau paling tidak menjenguk lah,” ujar Alexius.

Untuk itu, Alexius mendorong agar Walikota Medan tidak gentar terhadap kecaman-kecaman yang arahnya justru merusak citra Pemko Medan.

“Walikota Medan Bobby Nasution sudah benar demi kondusivitas Kita Medan yang aman dan berkah,” tukas Alexius. Bum-RN