Ahmat, Seorang Penyandang Disabilitas Lulus 20 Besar Calon Bawaslu Sergai

Sergai-Bumantara: Tahapan tes tertulis dan psikologi calon Bawada Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara telah selesai. Ada 20 nama yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

Dikutip dari informasi pengumuman yang diperoleh, Jumat 14 Juli 2023, Tim Seleksi Calon Bawaslu Zona III Sumatera Utara mengumumkan 20 nama yang lulus tes tertulis dan psikologi. Dari pengumuman bernomor 013/Sumut Zona III/07/2023 tersebut, terdapat nama Ahmat alias Ahmad Faury yang dikenal sebagai aktivis disabilitas Sumatera Utara.

Ahmad Faury dan 19 nama calon Bawaslu Sergai lainnya selanjutnya akan mengikuti tes kesehatan pada 14-18 Juli 2023 dan tes wawancara pada 17-21 Juli 2023.

Dalam wawancara sebelumnya, Faury, begitu dia disapa, mengatakan keikutsertaannya dalam seleksi Bawaslu Sergai adalah bagian dari perjalanan hidupnya.

“Iya ini awalnya kita diskusi dengan senior dan kawan-kawan yang banyak berkecimpung di dunia politik dan penyelenggaraan Pemilu. Kebetulan saya memang banyak menggagas diskusi-diskusi inspirasi,” kata pria kelahiran Desa Pematang Guntung, Teluk Mengkudu, Serdang Bedagai.

Dari diskusi itu, Faury yang juga pengajar di UIN Sumut mengatakan tidak ada larangan bagi difabel dalam keikutsertaan calon komisioner penyelenggara Pemilu.

“Regulasi juga tidak melarang maka ya dengan Bismillah saya mendaftarkan diri. Ngurus berkas dan Alhamdulillah lancar dalam kepengurusan berkas pendaftaran,” kata Faury.

Dikatakannya, kesuksesan penyelenggaraan dan pengawasan Pemilu juga merupakan tanggungjawab bagi seorang difabel. Bum-RN