Kasat Lantas Polres Simalungun Pimpin Pelaksanaan Ops Patuh Toba 2023 untuk Meningkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

Simalungun-Bumantara: Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Simalungun menggelar kegiatan Ops Patuh Toba 2023 dengan tema “Patuh dan Tertib Berlalulintas Cerminan Moralitas Bangsa”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 20 Juli 2023, dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai. Lokasi kegiatan meliputi Jalan Jurusan Pematang Siantar – Perdagangan dan Aula STAI UISU Siantar, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Kasat Lantas Polres Simalungun ketika dikonfirmasi, Kamis, 20 Juli 2023, sekira Pkl.12.30 WIB, menjelaskan, “Tujuan dari kegiatan Ops Patuh Toba 2023 adalah untuk menyampaikan himbauan, sosialisasi, dan penegakan hukum kepada masyarakat dan pengguna jalan raya yang melanggar peraturan lalu lintas”.

Beberapa hal yang disampaikan dalam sosialisasi adalah pentingnya kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, tidak menggunakan handphone saat berkendara, larangan mengemudi di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm atau safety belt, mengemudi dalam pengaruh alkohol, dan melawan arus.

Selama pelaksanaan kegiatan, Sat Lantas Polres Simalungun juga melakukan penempelan stiker pesan keselamatan Ops Patuh Toba 2023 kepada masyarakat dan pengguna jalan umum. Selain itu, dilakukan juga teguran simpatik kepada 7 pelanggaran prioritas guna menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Simalungun” ucap AKP Haris.

Lebih lanjut Kasat Lantas Polres Simalungun, AKP M. Haris Sihite, SE., mengungkapkan harapannya agar kegiatan Ops Patuh Toba 2023 ini dapat memberikan kontribusi dalam menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas. Dalam kesempatan ini, beliau juga menekankan pentingnya keselamatan berlalu lintas sebagai upaya untuk menjaga moralitas bangsa” kata Kasat Lantas.

Dalam kegiatan ini, banyak personil yang terlibat, antara lain Kasat Lantas Polres Simalungun, KBO Sat Lantas Polres Simalungun, para Kanit, Anggota Sat Lantas Polres Simalungun, Personil Pos Lantas, dan Personil Unit Lantas Polsek sejajaran Polres Simalungun.

Dengan adanya partisipasi dari semua pihak, diharapkan kegiatan Ops Patuh Toba 2023 dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan keselamatan berlalu lintas di wilayah hukum Polres Simalungun. Bum-SGN/BS