Disdik Tapanuli Tengah Gelar Lomba Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional

Pandan-Bumantara: Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Tahun 2023 yang jatuh pada 24 Agustus 2023 mendatang, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Tengah menggelar lomba permainan rakyat dan olahraga tradisional tingkat SMP Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara Tahun 2023, bertempat di Chatolik Center Pandan, Selasa (15/8/2023).

Kegiatan lomba permainan tradisional tingkat SMP Kabupaten Tapanuli Tengah ini dibuka secara resmi dibuka oleh Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas didampingi Kadis Pendidikan Kabupaten Tapanuli Tengah Boy Rahman Hasibuan, SIP, MAP.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas menekankan perlunya lomba permainan tradisional ini guna melestarikan permainan rajyat dan olahraga tradisional Indonesia kepada para generasi muda, khususnya para pelajar.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, kami menyambut baik penyelenggaraan kegiatan lomba permainan tradisional tingkat SMP se-Kabupaten Tapanuli Tengah ini,” kata Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas.

Lebih lanjut, Elfin Elyas menjelaskan bahwa permainan rakyat dan olahraga tradisional ini sangat penting artinya bagi pemahaman dan pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga perlu dikelola secara tepat melalui upaya penggalian, pelestarian dan pengembangan dalam rangka memajukan kebudayaan nasional untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Elfin berpesan kepada seluruh peserta lomba untuk menjaga sportivitas dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan lomba dan permainan dengan penuh semangat.

“Harapan kita bersama kedepannya, agar kegiatan lomba permainan tradisional ini terus ditingkatkan dengan tujuan agar anak-anak sekolah bisa mengurangi bermain Smartphone,” ungkap Elfin Elyas.

Setelah memberi sambutan Elfin Elyas bersama Kepala Dinas Pendidikan mencoba menjajal permainan Enggrang serta menjadi pelepas seri pertama peserta lomba Enggrang.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapteng Boy Rahman Hasibuan, S.IP, M.AP dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 500 orang peserta yang mengikuti beberapa kategori perlombaan dan pertandingan yaitu permainan Gala Hambek atau Hadang, Engrang, Terompah dan congklak.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Tapteng, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan serta para Dewan Juri yang berasal dari guru guru yang tergabung dalam Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia ( KPOTI Tapanuli Tengah ) dan seluruh para peserta lomba permainan tradisional tingkat SMP se-Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2023. Bum-Wigasu