Bobby Nasution Pamer Kekuatan di Depan Mertua

Medan-Bumantara: Rembuk Kemerdekaan Relawan Bobby Nasution baru selesai digelar kemarin. Dari perhelatan itu, isu-isu terkait politik bermunculan. Salahsatunya soal unjuk kekuatan Bobby Nasution di depan khalayak.

“Gak bisa dipungkiri bahwa kegiatan itu bernuansa politik meskipun tak ada deklarasi politik di sana. Ini kita lihat Bobby mau pamer relawan di depan Pak Jokowi, di depan mertuanya sendiri,” kata Pengamat Komunikasi Politik Sumatera Institute, Fahmi Irfansyah SKom, Senin 28 Agustus 2023.

Menurutnya, kegiatan mengundang dan menghadirkan massa dalam jumlah besar di satu tempat tentunya memiliki maksud yang bersifat politis. Apalagi saat ini merupakan fase di mana hampir semua politisi mempersiapkan diri untuk Pemilu 2024 nanti.

“Saya lihat foto-foto kegiatan ada beberapa kepala daerah hadir di lokasi acara. Ini kan jadi pertanyaan, kenapa ada kepala daerah lain di acara relawan Bobby Nasution,” kata Fahmi.

Meskipun begitu, Fahmi mengakui dari acara Rembuk Kemerdekaan itu membawa nama Walikota Medan Bobby Nasution semakin diperhitungkan di kancah perpolitikan nasional.  Apalagi acara itu dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

“Mungkin karena Bobby Nasution punya relawan yang solid dan banyak. Dan itu bisa menjadi pertimbangan politik Presiden Jokowi,” kata Fahmi.

Dengan fakta itu pula, Fahmi mengakui nama Bobby Nasution makin diperhitungkan sebagai anak muda yang punya karir politik gemilang ke depannya.

“Ya layak jadi Cagub Sumut lah,” kata Fahmi.

Terpisah, Ketua Rumah Kolaborasi Bobby Nasution (RKBN) selaku pelaksana Rembuk Kemerdekaan kemarin, mengapresiasi kehadiran relawan serta pelaku seni, komunitas kreatif dan masyarakat umum yang hadir di acara tersebut.

Namun Asril belum mau menjelaskan detil soal niatan politik di balik kegiatan yang dihadiri lebih dari 15.000 orang tersebut.

“Soal politis atau tidak itu kita serahkan ke masyarakat yang menilai. Masyarakat sekarang sudah melek politik kok. Tapi yang pasti Rembuk Kemerdekaan kemarin menjadi ajang silaturahmi relawan Bobby Nasution yang ada di Medan, Langkat, Deliserdang, Sergai, Batubara dan Labuhanbatu Raya dengan Bang Bobby Nasution,” kata Asril.

Asril menambahkan RKBN merupakan wadah berkolaborasinya para relawan Bobby Nasution, pegiat seni budaya serta komunitas kreatif.

“Untuk relawan Bobby Nasution sendiri sudah ada 45 ribu orang lebih yang terkonsolidasi aktif di 17 kabupaten kota di Sumut. Sementara relawan di kabupaten kota lainnya menyatakan siap berkolaborasi,” tukas Asril.

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan Hasanul Jihadi mengatakan Rembuk Kemerdekaan digelar bukan sebagai euforia dan hegemoni massa.

“Rembuk Kemerdekaan digelar sebagai momentum untuk menyadarkan kita semua bahwa anak muda bisa berbuat lebih dari apa yang kita pikirkan,” ujar Hasanul Jihadi.

Hasanul Jihadi menilai sebagai anak muda harus mulai mendorong dan mendukung fakta bahwa anak muda adalah penentu masa depan daerah dan negara.

“Sama-sama kita dukung upaya untuk memperluas peran anak muda di segala sektor. Anak muda bukan hanya penentu Pemilu 2024, tp juga penentu dalam menyongsong Indonesia emas 2045,” tukas Hasanul Jihadi. Bum-Gus