Rumah Kolaborasi Bobby Nasution Gelar Even Catur Internasional, 7 Grand Master Dunia Siap Bertanding

Medan-Bumantara: Relawan Bobby Nasution yang bernaung di Rumah Kolaborasi Bobby Nasution (RKBN) menggelar kejuaraan catur kelas dunia. Kali ini, even resmi dari federasi catur dunia (FIDE) itu akan digelar pada 5-10 Desember di Grand Inna Hotel Medan.

“Even ini kita beri nama RKBN International Chess Championship 2023. Resmi dari kalender even federasi catur dunia FIDE. Indonesia khususnya Sumatera Utara patut berbangga karena Kota Medan diberi kepercayaan menggelar even kelas dunia,” kata Ketua RKBN, Muhammad Asril saat menggelar roadshow di 21 Kecamatan di Medan dalam rangka menyambut even tersebut, Jumat 1 Desember 2023.

Asril menjelaskan roadshow menjadi bagian rangkaian kegiatan sebelum RKBN International Chess Championship dibuka pada 5 Desember 2023 di Grand Inna Hotel Medan.

Dalam roadshow itu, ada 16 peserta di masing-masing kecamatan di Medan yang bertanding. Dari situ, akan diambil satu pemenang di masing-masing kecamatan untuk mendapatkan golden ticket mengikuti RKBN International Chess Championship 2023.

“Para jawara tingkat kecamatan ini akan menjadi peserta pertandingan RKBN International Chess Championship bersama Grand Master dari negara-negara lain di dunia,” urai Asril.

Asril menambahkan bahwa Walikota Medan yang juga Pembina RKBN, Bobby Nasution menjadi salahsatu inisiator dan mendukung penuh even tersebut.

“Ini membuktikan bahwa Bang Bobby Nasution peduli dengan olahraga dan masa depan atlet-atlet kita. Even ini juga menjadi sinyal kepada kita bahwa dunia menaruh kepercayaan kepada Kita Medan menggelar even kelas dunia,” kata Asril.

Di sisi lain, Ketua Panitia Bidang Teknis Pertandingan, Master FIDE (MF) Arif Rahman Saragih menjelaskan ada lebih 100 peserta yang ambil bagian dalam even tersebut. Dimana 40 peserta di antaranya merupakan atlet dari 12 negara di dunia.

Enam di antaranya GM Darwin Laylo dengan elo rating 2441 dari Filipina, Ziur Rahman (Bangladesh, 2436), John Paul Gomes (Filipina, 2412), Van Huy Nguyen (2362), Doc Hua Nguyen (2335) dari Vietnam, Sriram Jha (India, 2310).

Arif Rahman Saragih menyebutkan, even catur internasional ini merupakan even FIDE Ratings sehingga semua peserta atau pecatur yang ikut kejuaraan ini memiliki FIDE Rate.

Oleh karena itu, katanya, bagi pecatur yang ikut kejuaraan ini kesempatan menaikkan elo rating untuk peluang mendapatkan norma gelar IM bahkan norma GM.

Arif menyebutkan, untuk kategori open memberikan hadiah pemenang peringkat 1 hingga 20, kategori challenger peringkat 1 hingga 10. Informasi lengkap tentang kejuaraan, rincian hadiah dan register baca di https://www.rkbn-chess-internasional.com

Sebutnya, kejuaraan ini juga memberikan hadiah masing-masing peringkat 1-5 pemain terbaik putri, junior U-13 dan veteran U-55. Mempertandingkan kategori catur blitz (kilat) yang memberikan hadiah bagi pemenang ranking 1-10.

Pihaknya juga mengundang tujuh pecatur bergelar Grand Master (GM) dari manca negara dan menargetkan event catur internasional ini dapat diikuti 200 pecatur.

Sebutnya, pecatur bergelar GM, International Master (IM), Women Grand Master (WGM), Women International Master (WIM) bebas atau gratis biaya pendaftaran. Bum-Yan