Polres Simalungun Ikuti WasOps Mantap Brata Toba 2023-2024 dalam Rangka Pengamanan Pemilu

Pematangsiantar-Bumantara: Dalam rangka memastikan kesiapsiagaan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2024, Polres Simalungun bersama Polres terdekat melaksanakan WasOps Mantap Brata Toba 2023-2024 yang diadakan pada hari Jumat, 08 Desember 2023, bertempat di Aula Widya Satya Brata Polres Pematangsiantar, Jalan Sudirman Kota Pematangsiantar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Simalungun AKBP Ronald Fredy C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., bersama TIM ITWASUM POLRI serta perwakilan dari Polres Humbahas, Polres Taput, Polres Sibolga, Polres Tapteng, Polres Padang lawas, Polres Padang Sidempuan, Polres Tapsel, dan Polres Madina.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Protokol, dilanjutkan dengan laporan oleh perwira yang ditunjuk, dan doa. Kapolres Simalungun kemudian memberikan kata sambutan, menggarisbawahi pentingnya menjaga profesionalisme dan proporsionalitas dalam pemeliharaan Harkamtibmas.

Sebagai Kapolres Simalungun, AKBP Ronald Fredy C Sipayung memberikan sambutan yang menekankan beberapa aspek penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pemilu mendatang. Berikut ini adalah contoh dari apa yang mungkin menjadi isi sambutannya:

“Terima kasih kepada semua peserta yang hadir hari ini di event WasOps Mantap Brata Toba 2023-2024. Kehadiran Anda menunjukkan dedikasi dan komitmen yang tinggi untuk memastikan keamanan selama proses demokrasi di negara kita.

Kita semua menyadari bahwa Pemilihan Umum tahun 2024 tidak hanya menjadi tanggung jawab Komisi Pemilihan Umum, tetapi juga kita sebagai penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Pelaksanaan Pemilu yang damai dan lancar adalah indikator penting dari kematangan proses demokrasi kita.

Oleh karena itu, saya menghimbau seluruh jajaran Polres Simalungun dan Polres terdekat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan dalam menghadapi berbagai potensi ancaman yang bisa terjadi. Kita perlu memastikan bahwa seluruh personel kami telah siap secara fisik maupun mental untuk menghadapi tantangan tersebut.

Lebih lanjut, saya juga ingin menegaskan kembali pentingnya menjaga netralitas sebagai aparatur negara, khususnya dalam konteks mendukung penyelenggaraan Pemilu yang adil dan jujur. Kita harus bekerja keras untuk menghindari segala bentuk konflik kepentingan dan menjunjung tinggi prinsip objektivitas.

Saya percaya dengan kerja keras dan kekompakan yang telah kita bangun bersama-sama, kita akan mampu melaksanakan tugas pengamanan ini dengan baik. Mari kita berikan yang terbaik bagi masyarakat dan negara dengan melindungi seluruh proses Pemilu dari segala gangguan yang bisa mengurangi kredibilitas dan integritasnya.

Saya berharap WasOps Mantap Brata Toba 2023-2024 akan menjadi langkah awal kita dalam mewujudkan semua tujuan tersebut. Bersama-sama, kita dapat menciptakan situasi yang kondusif agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya tanpa rasa takut atau khawatir.

Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk saling bersinergi, berkolaborasi, dan saling mendukung agar Pemilu yang akan datang dapat berjalan dengan baik. Mari kita buktikan bahwa Polres Simalungun dan seluruh jajarannya siap mengamankan Pemilu 2024.

Terima kasih, mari kita bekerja dengan penuh tanggung jawab dan integritas demi masa depan demokrasi di Indonesia.”

Perlu diingat bahwa ini adalah contoh yang dibuat untuk menyampaikan nuansa dari sambutan yang mungkin disampaikan oleh Kapolres Simalungun dan tidak mencerminkan transkrip sambutan sebenarnya.

Ketua Tim Wasops Mantap Brata Toba 2023-2024, Brigjen Pol Drs. Yehu Wangsajaya, M.Kom., memberikan arahan yang mencakup antisipasi terhadap potensi cuaca, bencana alam, kesiapan personel, dan ancaman serangan siber. Beliau juga menyampaikan pentingnya menjaga netralitas selama Pemilu, mengaware isu global, penggunaan alat komunikasi modern, serta menjaga kekompakan di antara jajaran kepolisian.

Dilanjutkan dengan kegiatan pemeriksaan oleh TIM Itwasum Polri, untuk mengevaluasi kesiapan operasi pengamanan Pemilu. Rombongan TIM ITWASUM POLRI yang hadir terdiri dari Brigjen Pol Drs. Yehu Wangsajaya, M.Kom., Kombes Pol Ramon Zamora Ginting, S.I.K., dan Kombes Pol Jukiman Situmorang, S.I.K., M.Hum.

Kegiatan diikuti pula oleh Kabag Ops Polres Simalungun Kompol Raymond Godfried Mulatua Hutagalung, S.H., dan sejumlah pejabat utama lainnya, termasuk para perwira, brigadir, dan ASN Polres Simalungun.

WasOps Mantap Brata Toba 2023-2024 dicanangkan untuk meningkatkan kinerja kepolisian dalam menghadapi tantangan pengamanan Pemilu, dengan berfokus pada berbagai aspek kesigapan, netralitas, dan modernisasi alat komunikasi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjamin penyelenggaraan Pemilu yang aman, lancar, dan damai. Bum-BS